Sunday 21 March 2010

Ferrari Bikin Hybrid Pertama

Guys Persaingan industri otomotif global untuk memproduksi mobil ramah lingkungan sepertinya menyeret  banyak pihak untuk ikut serta membuat mobil-mobil yang lebih hijau.Tidak hanya pabrikan mobil biasa, produsen mobil eksotis macam Ferrari pun ternyata juga ikut terseret tren dan memperlihatkan mobil hybrid pertama mereka di Geneva Auto Show.Mobil ramah lingkungan milik Ferrari ini tidak hanya akan mengusung teknologi hybrid, tapi juga akan mengambil sistem penggerak di seluruh rodanya alias all-wheel drive system (AWD).


Sebagai salah satu pemain di Formula 1, Ferrari juga mengaplikasikan sistem KERS (Kinetic Energy Recovery System) pada mobil hybridnya.Itu lah bedanya hybrid Ferrari dengan hybrid yang lain. Sistem ini dapat menghemat konsumsi bahan bakar serta menurunkan emisi gas buang. Artinya, selain berhemat sistem KERS juga bisa membuat Ferrari ini menjadi lebih ramah lingkungan.KERS dijanjikan Ferrari bakal meningkatkan efisiensi BBM hingga 30 persen. Berkat akar dari F1 ini, Ferrari hybrid dengan sistem KERS akan memberikan dorongan dahsyat dengan cukup menyentuh tombol saja.

"Itu adalah salah satu teknologi avant-garde. Kami sedang membangun mobil dengan sebagian besar bagian adalah dari teknologi inovatif. Kami akan menyajikan versi hibrida dari 599 di Jenewa, yang akan mewakili jalan besar menuju masa depan," ungkap chairman  Ferrari Luca di Montezemolo seperti dikutid dari leftlanenews, Jumat (5/3/2010).Ferrari 599 sendiri pertama kali muncul di tahun 2006 silam dan memang sejak saat itu rumor mengenai versi hibridanya sudah banyak beredar.Waktu perkenalan dari 599 hibrid ini termasuk cepat. Sebab sebelumnya rumor yang beredar mengatakan bahwa baru di Geneva Auto Show 2014 mobil ini baru akan keluar.

Kemungkinan mobi hibrida pertama Ferrari itu akan mengkolaborasikan tenaga listrik dari baterai dengan ganasnya mesin berkonfigurasi V8 yang tentu tetap akan menawarkan sensasi berkendara ala mobil sport meskipun ini adalah sebuah mobil hybrid.

 

 

 




No comments:

Post a Comment