Friday 26 March 2010

Preview GP Australia



Duet pembalap Ferrari Fernando Alonso dan Felipe Massa diunggulkan jelang GP Australia, hari Minggu mendatang, setelah kesuksesan mereka meraih dua posisi terdepan di GP Bahrain dua pekan lalu.Fernando Alonso, pembalap Spanyol pemegang dua gelar juara dunia, sukses menjuarai GP Bahrain dalam debutnya bersama Ferrari.Dalam seri pertama musim balapan tahun ini, Alonso unggul atas rekan satu timnya Felipe Massa dan pembalap McLaren Lewis Hamilton yang meraih posisi ketiga.Kesuksesan di Bahrain ini membuka peluang Ferrari untuk kembali menjuarai GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne. Kemenangan terakhir tim berlambang kuda ini terjadi tiga tahun lalu.

Di sirkuit Albert Park, pesaing terberat Ferrari kemungkinan besar adalah juara bertahan Jenson Button dan Lewis Hamilton yang dua kali menjuarai GP Australia.

"Sukses meraih posisi satu dan dua di Sirkuit Sakhir memberi kami kepercayan diri namun kami tetap tidak mau kehilangan konsentrasi," kata Alonso.

"Kami harus tetap rendah hati. Di Melbourne kami kembali memulai dari nol. Apalagi ada empat tim dan delapan pembalap yang memiliki peluang sama menjadi juara. Sehingga kami harus mengeluarkan seluruh kemampuan kami untuk menang," tambah pembalap Spanyol itu.

Persaingan antar juara 

 

Tampilnya Schumacher di Melbourne tak bisa dipandang enteng. GP Australia diramalkan akan menyuguhkan persaingan ketat antara empat juara dunia yaitu Fernando Alonso, Lewis Hamilton, Jenson Button dan juara dunia tujuh kali Michael Schumacher yang kembali ke arena balap dalam usia 41 tahun.

"Meskpin saya kalah, namun saya sangat menikmati balapan di Bahrain. Dan saya cukup puas kami masih mampu meraih angka," kata Lewis Hamilton, juara dunia 2008.

"Saya sangat menyukai sirkuit Melbourne. Saya yakin akan memperoleh hasil baik di Australia dan saya tak melihat adanya masalah yang bisa menghambat kami," tambah pembalap asal Inggris itu.

Sementara itu, Michael Schumacher yang mendominasi arena Formula 1 sebelum dia menyatakan pensiun dengan rekor 91 kali kemenangan dalam 249 kali balapan, adalah pemegang empat gelar GP Australia.
Dengan rekor itu, Michael Schumacher di usia yang sudah tidak muda lagi tidak bisa dipandang remeh meskipun dia sempat mundur dari dunia balap selama tiga tahun.

"Saya sangat bahagia dengan hasil yang saya peroleh di awal musim di Bahrain. Posisi keenam cukup baik bagi saya apalagi saya baru saja kembali dari masa pensiun," kata Schumacher.

"Saya yakin, sirkuit Melbourne akan membantu saya menemukan kembali irama saya," tandas pembalap Jerman itu.

Sirkuit Albert Park yang dipenuhi tikungan sepanjang 5,3 km itu memang sangat menantang para pembalap. Sirkuit ini memiliki sejumlah tikungan tajam yang membuat para pembalap sulit untuk mendahului pesaing mereka.

Sehingga, babak kualifikasi hari Sabtu yang sangat menentukan posisi start sangat penting bagi para pembalap. Apalagi musim ini FIA memberlakukan peraturan baru yaitu tidak memperbolehkan pengisian ulang bahan bakar.



Race Date: 28 Mar 2010
Number of Laps: 58
Circuit Length: 5.303 km
Race Distance: 307.574 km
Lap Record: 1:24.125 - M Schumacher (2004)

Fri 26 March 2010
Friday Practice 1 08:30 - 10:00
Friday Practice 2 12:30 - 14:00
Sat 27 March 2010
Saturday Practice 10:00 - 11:00
Qualifying 13:00
Sun 28 March 2010
Race 14:00

Sumber : berbagai sumber

No comments:

Post a Comment